Minggu, 11 Maret 2012

Perihal Sifat Shalat 4 - 6


4. Perihal shalat gerhana

1.    Diriwayatkan dari Asma' binti Abu Bakar r.a.: Suatu ketika Rasulullâh Saw. melaksanakan shalat gerhana [1:712-S.A.]
2.    (Asma') menambahkan: Nabi Muhammad Saw. bersabda, "Surga ditekankan kepadaku sehingga seandainya aku memiliki keberanian, aku akan mematikan buahnya Untukmu, dan Neraka pun ditekankan kepada-ku, maka aku berkata, ' Wahai tuhan Ku apakah ,aku akan berada di antara orang-orang ini?' Tiba-tiba aku melihat seorang perempuan yang dicabik-cabik seekor kucing dengan cakarnya. Ketika aku tanyakan, dikatakan kepadaku bahwa si perempuan telah mengurung kucing itu hingga mati kelaparan. Dia tidak memberinya makanan ataupun membebaskannya agar kucing itu bisa mencari makanannya sendiri dengan memangsa makhluk hidup lain di muka bumi," [1:712.S.A.]
5. Melihat imam ketika sedang mengerjakan shalat
(Diriwayatkan dari Abû Ma'mar): Kami bertanya kepada Khabbâb r.a. apakah Rasulullâh Saw. membaca (surah Al-Quran) dalam shalat zuhur dan asar. la membenarkan. Kami berkata, "Bagaimana Anda tahu itu?" la berkata, "Dengan melihat gerakan dagunya." [1:713-S.A.]
6. Melihat ke langit pada saat mengerjakan Shalat
Diriwayatkan dari Anas bin Mâlik r.a. : Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda, "Kenapa orang-orang itu melihat ke langit ketika sedang mengerjakan shalat?" Suara Nabi Saw: terdengar mengeras ketika berkata, "Mereka harus berhenti (melihat ke langit pada saat mengerjakan shalat) atau kalau tidak mata mereka akan direnggut." [l : 7l7 -S.A.]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar